Pemerintan Jokowi-JK tanpa kita sadari telah mencapai angka 3 tahun masa pemerintahan. Dari 3 tahun masa pemerintahan tersebut telah banyak kebijakan yang telah diluncurkan. Segala bentuk kebijakan telah diluncurkan dan perombakan kabinetpun telah dilakukan secara besar besaran. Adapun kebijakan yang telah dirumuskan berupa pembangunan infrastruktur secara merata setiap daerah. Pembangunan infrastruktur menimbulkan beberapa masalah dalam sector pertanian, dimana pemerataan pembangunan infrastruktur memanfaatkan lahan-laha produktif, selain itu pemerataan pembangunan tidak mempertimbangkan refroma (objek) agrarian lainnya.  Tidak adanya objek agraria menyebabkan banyaknya infestor asing yang menanamkan modal mereka dalam hal pembangunan infrastruktur kerena hal tersebut dianggap akan mendatangkan keuntungan bagi mereka. Contohnya Revolusi Industri Prancis yang hanya menguntungkan “orang-orang kapitalis” dan mendatangkan kerugian bagi mereka yang “miskin”.

Selain itu terdapat beberapa kebijakan yang dinilai kurang efektif untuk diterapakan jika dilirik dari berbagai aspek. Kebijakan tentang pemerataan dana diseluruh daerah dinilai kurang tepat  karena kebutuhan setiap daerah berbeda beda. Sentuhan dana tidak boleh disama ratakan. Misalnya suatu daerah prediksi kebutuhan daerah sesuai UUD desa yakni1 milyar. Apakah sampai didesa jumlahnya tetap 1 milyar. Pasalnya dalam pengiriman dana melalui 3 termin, yaitu dari pemerintah daerah kemudian menuju kepala daerah dan digulirkan pula ke tim sukses mereka masing-masing. selain itu, pembangunan Infrastruktur jalan tol di papua. Infrastruktur jalan tol merupakan kerjasama swasta dan pemerintah dengan pendapatannya didapat dari system bagi hasil melaui pajak. Pasalnya jalan tersebut hanya digunakan untuk menyeberang antar provinsi dan masyarakat papua masih sedikit yang menggunakan kendaraan. Namun dibalik itu semua, jalan tol dengan jalan provinsi dapat mengantarkan hasil produksi dan strategi dalam pemerataan distribusi(ekonomi)-jalan ini fungsinya dalam jangka panjang (+- 20 tahun) untuk pemerataan ekonomi.

Kebijakan pembangunan infrastruktur dituntut cepat sebut saja secara “pakasa”. Adapun masalah yang terdapat pada kebijakanpembangunan infrastruktur terletak pada Lahan Objek Reforma Agraria (TORA), Kelembagaan, Regulasi, dan Anggaran. Contohnya korban kebijakan pembangunan bandara di Kulonprogo. Pembangunan Bandara  diatas lahan yang produktif di Kulon progo menyebabkan masyarakat (petani) mengalami kehilangan mata pencaharian dan menurunkan tinggat pendapatan mereka. Pada saat bertani mereka mendapatkan penghasilan 5-6 jt/bulan, namun setelah lahan mereka digusur mereka beralih kepekerjaan lain yang pendapatannya lebih rendah dari hasil bertani.

Kebijakan pemerintah yang bertolak belakan dengan sector pertanian (agraria) karena Indonesia menganut system demokrasi presidential dan yang mencanangkan itu pemerintah daerah serta bawahannya. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kesenjangan social antara pemerintah dan masyarakat. Namun, segala kebijakan yang telah dibuat tersebut dapat dirubah secara bertahap melalui masyarakat madani yang dapat tercipta dengan cara menghidupkan organisasi dan bertindak secara nyata, yaitu “turun langsung ke lapangan” dan mengurangi system apa adanya (tradisional) yang dapat membuat Negara menjadi “koleps”

Sumber : Hasil Kajian KM FP UMY

 

One Reply to “3 Tahun Pemerintahan Jokowi”

  1. wes lah macul wae, ono perubahan kok do nolak, manjaaah. Aku yo bingung negene ki nak sesuk dolar medun 😀 mbok kiro penak? yaaa tentttuuuuu

    Subhannallah Allah memberikan hiburan yang membuatku senyum senyum sendiri. Drama Duniawi

    Bias , yaaa ini hanya bias. Salah atau benar itu relatif. Wes aku wong susah, mbok ajak mikir susah, njook aku kon menderita ngono? yo wegah

    Besok kalau share yang pro pro dong biar enak bacanya, biar komennya juga enak dibaca wkwkwk ckckck

    Kerja = perubahan
    Suara/kabar = Opini/Pendapat

    Mau ikut yang beriktiar atau mau ikut yang cuma bisa beropini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *